THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 17 April 2009

मर्तिअल आर्टिस्ट अस असेक्रेत identity

Artikel: Martial Artist as a Secret Identity?

"Sini dompet lo!" gertak si preman berbadan besar

"Saya nggak punya duit bang... maap bang saya buru-buru...permisi..." jawab si kerempeng berkacamata dengan nada tenang.

"Eh...enak aja lo!" bentak si preman sambil mencengkram kerah baju pemuda kerempeng dan menggoyang-goyangkan badan kurus itu sampai kacamatanya melorot.

...WUUUUUT......GUUBBRAAAAK!!!!

Badan si preman berputar di udara dan jatuh terbanting keras di atas punggungnya. Tidak ada yang pernah menyangka bahwa si pemuda kerempeng adalah seorang ahli beladiri.

Seru sekali membaca kisah seperti di atas itu. membaca kisah seperti itu hati kadang bergemuruh, hidung kembang-kempis, bahkan ada yg matanya berkaca-kaca. Siapa pula yang tak ingin jadi seperti si pemuda kerempeng? atau dalam variasi lainnya sering digambarkan sebagai anak kecil, kakek tua renta, nenek-nenek, perempuan kalem, cewek tomboy dll? Siapa yang menolak jadi jagoan tapi tidak sombong? Belum lagi kalau ditambahkan bumbu-bumbu percintaan dalam kisah seperti itu...wuiiihh...mak nyus!

Clark Kent Wannabe

Clark Kent adalah seorang superhero yang sering pura-pura kikuk untuk menyembunyikan identitas rahasianya sebagai superman. Sementara Clark Kent wannabe adalah orang-orang yang berusaha "terlihat" menyembunyikan identitasnya agar dianggap rendah hati seperti clark kent.

Jenis yang wannabe seringkali bisa ditemui di komunitas beladiri. Beberapa tipe yg pernah saya temui antara lain seseorang yang mati-matian menyangkal pernah belajar beladiri tapi selalu komentar ataupun minta ditanya opininya tentang teknik-teknik beladiri. Ada juga yang datang ke tempat latihan mengaku newbie tapi ketika sparring mendadak seperti kesurupan ken shamrock. Banyak sekali orang yang berusaha terlihat rendah hati (pada beberapa kasus ekstrim bahkan terlihat rendah diri) dan di saat yg sama berusaha keras mencari momen untuk menunjukkan siapa dirinya dan betapa ia lebih hebat dari kelihatannya.

Martial Artist is NOT Superman

Kita seringkali merasa hebat, padahal sebetulnya biasa saja. Kita seringkali terpaksa harus menutup-nutupi kalau kita belajar seni beladiri hanya karena khawatir dianggap menyombongkan diri.

Saya tentu tidak mendorong orang untuk pakai T-shirt bertuliskan "Saya Jago Beladiri". Tapi saya ingin membongkar fantasi "clark kent wannabe" yang banyak diidap oleh seniman beladiri. Saya ingin mendorong agar kita para seniman beladiri jangan berusaha "terlihat" rendah hati (padahal rendah diri), melainkan mulai berusaha mempraktekkan kerendahan hati yang sesungguhnya dengan bertingkah normal dan dengan tanpa menyombongkan diri berusaha memberi contoh bahwa dengan belajar seni beladiri kita sebagai manusia bisa bermanfaat bagi manusia lainnya.

It's a bird... No... it's a plane...No..It's Martial Artist!

semoga bermanfaat
sumber : http://jalanpetarung.blogspot.com/2007/05/artikel-martial-artist-as-secret.html

Label:

0 komentar: